Manfaat Fidget Spinner bagi Penderita Autis dan ADHD

Beberapa bulan terakhir, dunia digemparkan dengan kehadiran mainan fidget spinner. Mainan tersebut tidak hanya terkenal di kalangan anak-anak. Orang dewasa turut memainkan mainan tersebut. Fidget spinner merupakan mainan yang mudah dimainkan. Cukup meletakkan fidget spinner di antara ibu jari dan jari telunjuk dan putar. Mainan ini tergolong mengasyikkan dan ampuh untuk mengusir kebosanan. Akan tetapi, pro dan kontra terhadap fidget spinner terjadi dimana-mana, seperti di Amerika dan Inggris. Beberapa sekolah di Amerika dan Inggris mengeluarkan larangan bagi murid-muridnya untuk memainkan fidget spinner dikarenakan mengganggu kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, figdet spinner diklaim seperti gadget yang menyebabkan kecanduan bagi pemakainya. Padahal, penelitian telah membuktikan manfaat fidget spinner bagi penderita autis dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Bagaimana Manfaat Fidger Spinner bagi Penderita Autis dan ADHD?

Walau ada kontra tentang pelarangan fidget spinner di beberapa sekolah, para ahli telah meyakinkan orang-orang tentang manfaat fidget spinner bagi penderita autis dan ADHD. Fidget spinner membantu meningkatkan daya konsentrasi untuk penderita autis dan ADHD yang mengalami masalah dengan konsentrasi. Mereka juga mengungkapkan bahwa daya kreativitas bisa ditingkatkan melalui permainan fidget spinner. Meningkatkan kreativitas dengan fidget spinner dilakukan dengan cara melakukan modifikasi seperti memainkan fidget spinner dengan satu jari saja. Permainan fidget spinner bisa membantu meningkatkan keseimbangan.

Manfaat fidget spinner bagi penderita autis dan ADHD bukan hanya dijadikan mainan pengusir kebosanan. Fidget spinner bagi penderita autis dan ADHD untuk mengurangi kegelisahan. Apalagi penderita ADHD yang memiliki kecenderungan untuk bertingkah hiperaktif. Sedangkan, bagi penderita autis, fidget spinner membantu memberikan ketenangan karena penderita autis sering merasa gelisah jika berkaitan dengan sensor motorik. Selain menggunakan fidget spinner, ada mainan lain yang digunakan untuk meningkatkan sensor motorik seperti bola Koosh dan tanah liat.

Mekanisme Kerja Fidget Spinner bagi Penderita Autis dan ADHD

Manfaat fidget spinner bagi penderita autis dan ADHD adalah menciptakan efek yang mampu menghipnotis. Penderita autis dan ADHD bisa menghilangkan kegelisahan dan mengatasi tekanan sehingga mereka merasa lebih nyaman. Otak penderita autis dan ADHD yang memainkan fidget spinner akan melepaskan hormon endorphin yang melepaskan stres dan memberikan perasaan bahagia.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa stres dan kegelisahan bisa ditangani dengan memainkan fidget spinner. Selain itu, pikiran yang bingung dan tertekan bisa diatasi dengan memainkan fidget spinner. Fidget spinner memberikan manfaat secara emosi yang mana perputaran fidget spinner mampu mengendalikan emosi penderita autis dan ADHD yang tidak stabil. Dari banyak penelitian yang dilakukan terhadap manfaat fidget spinner untuk penderita autis dan ADHD hanya untuk memberikan ketenangan, tidak bisa menyembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *