Ketahui Kenapa Kulit Pecah di Tumit Kaki

Kulit merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus, terutama kulit yang kering. Kulit kering disebabkan karena berkurangnya kelembaban bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mudah iritasi. Tumit adalah bagian tubuh yang kerap mengalami masalah dengan kelembaban. Kulit tumit yang kering menjadi pecah-pecah. Selain membuat penampilan menjadi kurang menarik, tumit yang kering menimbulkan rasa perih ketika berjalan. Penyebab tumit pecah-pecah beragam. Ada yang disebabkan karena cuaca ekstrem. Ada pula yang disebabkan paparan zat kimia seperti klorin saat berenang. Tidak perlu khawatir jika tumit pecah-pecah.

Ada beberapa cara mengatasi tumit kaki yang pecah dengan bahan-bahan alami, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.Kulit merupakan bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus, terutama kulit yang kering. Kulit kering disebabkan karena berkurangnya kelembaban bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mudah iritasi. Tumit adalah bagian tubuh yang kerap mengalami masalah dengan kelembaban. Kulit tumit yang kering menjadi pecah-pecah. Selain membuat penampilan menjadi kurang menarik, tumit yang kering menimbulkan rasa perih ketika berjalan. Penyebab tumit pecah-pecah beragam.

Ada yang disebabkan karena cuaca ekstrem. Ada pula yang disebabkan paparan zat kimia seperti klorin saat berenang. Tidak perlu khawatir jika tumit pecah-pecah. Ada beberapa cara mengatasi tumit kaki yang pecah dengan bahan-bahan alami, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

• Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk memasak. Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Oleh karena itu, minyak zaitun bisa menjadi solusi mengatasi tumit yang pecah-pecah. Cara mengatasi tumit kaki yang pecah dengan minyak zaitun dilakukan dengan meneteskan minyak zaitun ke dalam air hangat. Gunakan air campuran minyak zaitun untuk membasuh tumit yang pecah secara rutin. Nantinya, minyak zaitun akan mengunci kelembaban sehingga kulit tidak kering dan pecah-pecah.

• Pisang

Pisang memang enak disantap. Pisang juga memiliki manfaat untuk merawat kulit yang kering. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Cara mengatasi tumit kaki yang pecah bisa dilakukan dengan melumatkan pisang sampai halus seperti bubur. Kemudian, oleskan bubur pisang ke tumit yang pecah-pecah. Pijat tumit dengan lembut agar bubur pisang bisa meresap ke dalam kulit. Diamkan bubur pisang sampai kering lalu bilas dengan air dingin.

• Mentimun

Mentimun sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Kandungan air yang tinggi menjadikan mentimun salah satu cara mengatasi tumit kaki yang pecah secara efektif. Cara menghaluskan tumit yang pecah-pecah bisa dilakukan dengan menghaluskan mentimun. Lalu, oleskan mentimun yang sudah halus ke tumit yang pecah-pecah. Agar mentimun bisa meresap dengan sempurna ke dalam kulit, pijat tumit dengan lembut. Selain menghaluskan tumit yang pecah, mentimun bermanfaat untuk melembabkan kulit.

• Air Mawar

Air mawar dikenal manfaatnya untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Sehingga, air mawar bisa dijadikan obat alternatif untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Untuk mengobati tumit yang pecah dengan air mawar dilakukan dengan mencampur air mawar dengan gliserin. Campuran tersebut digunakan untuk membasuh tumit yang pecah-pecah secara rutin.Selain menggunakan bahan-bahan yang alami, menghaluskan tumit yang pecah bisa dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan sehari-hari. Jangan memakai sepatu yang sempit sehingga tumit sering bergesekan dengan bagian dalam sepatu. Jangan pula memakai kaos kaki yang terbuat dari bahan rayon dan nilon yang menyebabkan kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *