5 Jenis Olahraga untuk Pernafasan

Paru-paru adalah organ tubuh manusia yang vital. Paru-paru memegang kendali terhadap sistem pernapasan. Oleh karena itu, paru-paru harus dirawat dengan baik agar tubuh tetap sehat. Menjaga kesehatan paru-paru bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, misalnya menghindari rokok agar tidak terkena penyakit paru-paru. Selain itu, kesehatan paru-paru bisa dijaga dengan rajin berolahraga.

Di bawah ini ada 5 jenis olahraga untuk pernafasan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Futsal

Futsal merupakan cabang olahraga yang diminati semua kalangan. Ternyata futsal termasuk jenis olahraga untuk pernafasan yang baik. Selama melakukan futsal volume oksigen di dalam paru-paru akan bekerja secara optimal. Bermain futsal secara rutin bisa menguatkan kinerja paru-paru. Futsal juga membuat tubuh menjadi lebih bugar karena melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

2. Tai Chi

Jenis olahraga untuk pernafasan yang memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah tai chi. Tai Chi memberikan pelajaran tentang bagaimana melakukan pernapasan yang baik dan benar untuk mengoptimalkan kinerja paru-paru. Manfaat tai chi dalam menjaga kesehatan paru-paru sudah dibuktikan oleh penelitian di Sidney pada tahun 2012. Penelitian tersebut mengemukakah bahwa orang-orang dengan penyakit paru-paru obstruktif yang kronik mengalami peningkatan kualitas paru-paru setelah melakukan tai chi secara rutin. Tai chi bisa dilakukan oleh semua golongan usia, termasuk orang yang lanjut usia, karena gerakannya yang lambat. Gerakan tai chi yang lambat merupakan perpaduan antara pengendalian napas dan meditasi.

3. Berenang

Berenang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berenang dikenal sebagai olahraga yang bisa meninggikan badan. Selain itu, berenang menjadi salah satu jenis olahraga untuk pernafasan. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa berenang bisa memperkuat kinerja paru-paru dan meningkatkan kadar oksigen di tubuh. Berenang akan melatih tubuh bagaimana cara pernapasan yang benar melalui teknik mengambil napas, menahan napas, dan mengeluarkan napas.

4. Bersepeda

Menjaga kesehatan paru-paru bisa dilakukan dengan bersepeda secara rutin. Hal ini dikarenakan saat mengayuh sepeda, tubuh akan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dengan perlahan. Sehingga, gerakan tersebut bisa meningkatkan kapasitas paru-paru. Jaringan otot yang ada di paru-paru menjadi lebih kuat sehingga sirkulasi udara di dalam paru-paru menjadi lebih lancar. Selain menyehatkan paru-paru, bersepeda membantu menguatkan otot-otot di kaki dan tangan serta mengurangi emisi gas kendaraan bermotor di udara.

5. Lari

Lari adalah olahraga yang paling mudah dilakukan sekaligus menyenangkan. Lari juga membantu menguatkan paru-paru dengan cara meningkatkan cara kerja otot diafragma. Sehingga, sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan paru-paru menjadi lebih sehat. Untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, lakukan lari dengan pola pernapasan dua-dua secara teratur.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *