Sapi Kurban Mahal, Namun Banyak Peminat

Setiap tahunnya umat muslim selain melaksanakan solat Ied pada Idul Fitri di bulan Syawal juga akan melaksanakan solat Ied juga pada Idul Adha di bulan Dzulhijjah. Tetapi pada Idul Adha ini terdapat sesuatu yang berbeda yaitu adanya penyembelihan hewan kurban. Berkurban dilaksanakan setelah selesai solat Ied. Siapa saja diperbolehkan untuk berkurban, baik itu dengan menggunakan hewan seperti sapi kurban, kambing kurban, maupun dengan menggunakan domba, kerbau atau unta. Tetapi di Indonesia sendiri hewan yang paling banyak digunakan untuk berkurban adalah sapi dan kambing. Sapi sendiri yang mempunyai ukuran yang lebih besar dari kambing mempunyai lebih banyak keuntungan seperti daging yang lebih banyak dan juga tidak berbau. Tetapi kambing juga mempunyai keuntungan dalam segi harga.

Baik sapi maupun kambing banyak orang yang menggunakan kedua hewan tersebut. Seperti yang Anda tahu bahwa sapi kurban mempunyai daging yang lebih banyak tentunya mempunyai harga yang tinggi juga. Oleh karena itu, untuk kurban sapi memperbolehkan 1 sapi dikurbankan oleh 7 orang. Berbeda dengan kambing yang hanya bisa dikurbankan oleh 1 orang saja. Daging kurban yang nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan harus merupakan daging yang baik. Sehingga dalam pemilihan hewan untuk kurban Anda harus memilih dengan tepat dan benar. Misalnya saja hewan tersebut tidak boleh sakit yang dapat mempengaruhi dagingnya. Kemudian hewan tersebut tidak boleh hewan yang cacat dan juga tidak boleh hewan yang kurus kering.

Berkurban sebenarnya sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu, karena sama halnya dengan menyisihkan sebagian harta rezekinya untuk membantu muslim diluar sana yang membutuhkan. Untuk berkurban sendiri tidak harus dengan menggunakan hewan yang mahal, tetapi cukup untuk memenuhi syarat hewan kurban yang dapat disembelih. Berkurban seperti ini juga dapat membantu mengumpulkan amalan baik untuk menabung untuk hari akhir nanti, sehingga dengan seringnya berkurban maka akan memperbanyak tabungan amalan. Oleh sebab itu, berkurban lebih baik dilaksanakan dengan menggunakan hewan yang harganya sedang namun tetap ada setiap tahunnya daripada menggunakan hewan yang besar namun hanya sekali kurban. Jika Anda ingin berkurban sapi setiap tahunnya, Anda bisa mengikuti kurban 1 sapi 7 orang tersebut, atau Anda bisa memilih sapi kurban yang tidak terlalu besar namun harganya terjangkau.

Sebenarnya baik harga sapi mahal atau tidaknya tidak akan berpengaruh kepada amalan Anda. untuk tabungan hari akhir Anda nanti, yang penting Anda sudah melaksanakan kurban saja, tidak perlu harus dengan hewan yang mahal dan banyak dagingnya. Cukup untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan saja sudah sangat bersyukur. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencari sapi kurban dengan harga yang terlampau mahal karena ingin memiliki kualitas daging yang baik. Kualitas memang sangat diperhatikan tetapi harga juga dipertimbangkan. Ketika Anda memang mampu silahkan untuk membeli hewan tersebut, tetapi jika Anda menginginkan tetapi kurang mampu, lebih baik Anda mencoba dari hewan lain seperti kambing terlebih dahulu untuk kemudian tahun berikutnya mencoba sapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *