Kriteria Hewan Kurban yang Baik untuk Dipilih

Tidak terasa Idul Fitri sudah lewat dan sebentar lagi akan ada perayaan hari Raya Idul Adha. Untuk merayakan hari Raya Idul Adha memang sangat identik dengan adanya penyembelihan hewan. Karena penyembelihan hewan merupakan salah satu syariat Islam yang harus dipenuhi oleh umatnya yaitu sering dinamakan dengan berkurban. Sebagai umat muslim yang baik, tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan perayaan Idul Adha seperti memilih hewan kurban sebagaimana syariat dalam Islam. Karena dengan berkurban itu berarti kita telah melakukan pengorbanan dan juga rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia dan nikmat yang diberikan hambanya.

Biasanya untuk memilih hewan yang akan dijadikan sebagai hewan kurban haruslah memiliki kriteria yang baik. Jadi mau tidak mau kita harus memilih hewan yang akan dikurbankan terlebih dahulu. Tetapi apakah Anda tahu apa saja hewan yang bisa dijadikan untuk kurban? Untuk hewan yang dikurbankan memang khusus dan tidak boleh sembarangan, Anda hanya boleh memilih beberapa hewan saja seperti kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Tetapi biasanya masyarakat muslim di Indonesia lebih senang memilih untuk menyembelih kambing dan sapi. Tidak hanya hewan tertentu saja yang bisa dijadikan sebagai kurban, adapun syarat atau kriteria lainnya untuk pemilihan hewan yang dikurbankan seperti harus halal dan sehat.

Namun adanya banyak penjual hewan kurban membuat bingung untuk para peserta kurban. Untuk dapat memilih hewan yang akan dikurbankan, cobalah untuk melihat beberapa kriteria agar hewan yang Anda beli dapat sesuai dengan syariat Islam. Hewan yang akan dikurbankan harus yang sah tidak boleh dari hasil merampas atau mencuri, hewan harus dalam keadaan sehat, tidak boleh ada cacat fisik dan kurus, belilah hewan di tempat yang bersih jauh dari jangkauan pembuangan sampah agar terjamin kualitasnya, dan harus membeli hewan dengan usia yang cukup yaitu untuk sapi 22 bulan dan untuk kambing 12-18 bulan. Selain memilih hewan yang sehat dan bersih, hal terpenting lainnya yaitu untuk memilih hewan yang akan dijadikan kurban dengan sesuai kemampuan perekonomian atau keuangan Anda. Karena untuk berkurban syariat Islam tidak dengan keterpaksaan, tetapi dengan kerelaan dan kemampuan setiap umatnya yang sudah mampu. Jadi bagi umat yang sudah merasa mampu dan berniat untuk berkurban bisa membeli hewan untuk kurban yang semampunya saja, yang terpenting sesuai dengan kriteria yang sudah disebutkan tadi.

Nah, dengan kemudahan yang ada pada kriteria berkurban menurut syariat Islam, sudah semakin banyak umat muslim yang membeli hewan kurban untuk Idul Adha. Untuk yang belum mampu insya Allah Anda masih ada kesempatan untuk tahun selanjutnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan selamat berkurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *